Beyond Centers and Circle Time
Untuk menerapkan metode ini seorang guru hendaknya mengikuti pijakan-pijakan guna membentuk keberaturan antara bermain dan belajar. Berikut ini adalah Pijakan-pijakan yang harus diikuti :
- Pijakan lingkungan
-
- Merencanakan untuk intensitas dan densitas pengalaman
- Memiliki berbagai bahan yang mendukung tiga jenis main
- Sensorimotor, pembangunan dan main peran
- Memiliki berbagai bahan yang mendukung pengalaman keaksaraan
- Menata kesempatan main untuk mendukung hubungan sosial yang positif
- Pijakan sebelum bermain
- Para siswa pada saat berdiri dan duduk membentuk lingkaran
- Membaca buku yang berkaitan dengan pengalaman atau mengundang nara sumber
- Menggabungkan kosakata baru dan menunjukkan konsep yang mendukung standar kinerja
- Memberikan gagasan bagaimana menggunakan bahan-bahan
- Mendiskusikan aturan dan harapan untuk pengalaman main
- Menjelaskan rangkaian waktu main
- Mengelola anak untuk keberhasilan hubungan sosial
- Merancang dan menerapkan urutan transisi main
- Guru mengingatkan siswa membaca do'a untuk memulai kegiatan (masuk) ke area sentra.
- Pijakan saat bermain
- Memberikan anak waktu untuk mengelola dan meneliti pengalaman main mereka
- Mencontohkan komunikasi yang tepat
- Memperkuat dan memperluas bahasa anak
- Meningkatkan kesempatan sosialisasi melalui dukungan hubungan teman sebaya
- Mengamati dan mendokumentasikan perkembangan dan kemajuan
- Pijakan setelah bermain / Recalling
- Mendukung anak untuk mengingat kembali pengalaman mainnya dan saling menceritakan pengalaman mainnya.
- Menggunakan waktu membereskan sebagai pengalaman belajar positif melalui pengelompokan, urutan, dan penataan lingkungan main secara tepat.
- Guru menutup kegiatan sentra dengan meminta maaf dan berdoa bersama
- Guru membagikan buku komunikasi sebelum pulang
Tidak ada komentar:
Posting Komentar