RA Terpadu Syaujan "Mendidik Sepenuh Hati dengan Syar'i" | Jika Anak Dibesarkan dengan pujian,ia belajar menghargai | jika anak di besarkan dengan dorongan,ia belajar percaya diri | jika anak di besarkan dengan rasa aman,ia belajar menaruh kepercayaan

VIDEO Kegiatan RA SYAUJAN

Sabtu, 12 November 2011

Tentang BCCT


Beyond Centers and Circle Time
Untuk menerapkan metode ini seorang guru hendaknya mengikuti pijakan-pijakan guna membentuk keberaturan antara bermain dan belajar. Berikut ini adalah Pijakan-pijakan yang harus diikuti :
  1. Pijakan lingkungan
  • Mengelola awal lingkungan main dengan bahan-bahan yang cukup (tiga tempat main untuk setiap anak) 
  • Merencanakan untuk intensitas dan densitas pengalaman 
  • Memiliki berbagai bahan yang mendukung tiga jenis main
  • Sensorimotor, pembangunan dan main peran 
  • Memiliki berbagai bahan yang mendukung pengalaman keaksaraan 
  • Menata kesempatan main untuk mendukung hubungan sosial yang positif



  1. Pijakan sebelum bermain 


  • Para siswa pada saat berdiri dan duduk membentuk lingkaran 
  • Membaca buku yang berkaitan dengan pengalaman atau mengundang nara sumber 
  • Menggabungkan kosakata baru dan menunjukkan konsep yang mendukung standar kinerja 
  • Memberikan gagasan bagaimana menggunakan bahan-bahan 
  • Mendiskusikan aturan dan harapan untuk pengalaman main 
  • Menjelaskan rangkaian waktu main 
  • Mengelola anak untuk keberhasilan hubungan sosial 
  • Merancang dan menerapkan urutan transisi main
  • Guru mengingatkan siswa membaca do'a untuk memulai kegiatan (masuk) ke area sentra.


  1. Pijakan saat bermain


  • Memberikan anak waktu untuk mengelola dan meneliti pengalaman main mereka
  • Mencontohkan komunikasi yang tepat
  • Memperkuat dan memperluas bahasa anak
  • Meningkatkan kesempatan sosialisasi melalui dukungan hubungan teman sebaya 
  • Mengamati dan mendokumentasikan perkembangan dan kemajuan

  1. Pijakan setelah bermain / Recalling

  • Mendukung anak untuk mengingat kembali pengalaman mainnya dan saling menceritakan pengalaman mainnya. 
  • Menggunakan waktu membereskan sebagai pengalaman belajar positif melalui pengelompokan, urutan, dan penataan lingkungan main secara tepat.
  • Guru menutup kegiatan sentra dengan meminta maaf dan berdoa bersama
  • Guru membagikan buku komunikasi sebelum pulang
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...