RA Terpadu Syaujan "Mendidik Sepenuh Hati dengan Syar'i" | Jika Anak Dibesarkan dengan pujian,ia belajar menghargai | jika anak di besarkan dengan dorongan,ia belajar percaya diri | jika anak di besarkan dengan rasa aman,ia belajar menaruh kepercayaan

VIDEO Kegiatan RA SYAUJAN

Jumat, 02 Maret 2012

PROPOSAL

Ayo Membangun Rumah di Surga dengan INVESTASI PEDULI PENDIDIKAN di RASYAUJAN


  • Kantor : Jl.Belly RT.008/06 No.55 Pekayon Pasar Rebo Jakarta Timur 13710
  • Telp.021-87716558,Hp.08567632026, 082112728275
  • E-mail : syauquljannah@ymail.com | http://syaujan.blogspot.com/    

================================


Proposal

Nomor        : 007/PAN-RAT “SYAUJAN”/II/2012
Lampiran    : Satu bendel
Hal        : Permohonan Sumbangan

Yang Terhormat
Bapak/Ibu/Sdr/i
Dermawan
Di
Tempat

Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Segala puji dan syukur kehadirat Allah SWT, yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya kepada kita sehingga pada saat ini kita masih dapat melaksanakan kegiatan dan aktifitas yang mudah-mudahan diridhoi oleh-Nya, Amin.
Para dermawan yang bahagia, kami Panitia pembangunan gedung Raudhotul ‘Athfal Terpadu SYAUJAN (RA TERPADU SYAUJAN) Pekayon – Jakarta Timur, dengan rasa rendah hati dan penuh rasa hormat mengharap keikhlasan para dermawan untuk menyisikan sebagaian rizki demi terwujudnya pembangunan gedung Raudhotul ‘Athfal Terpadu SYAUJAN (RA TERPADU SYAUJAN) Pekayon – Jakarta Timur. Bantuan berupa dana bisa ditransfer ke rek. BCA 1662600851 a.n eko zamroni. atau ke rek bank sesuai permintaan Bapak/Ibu /Saudara/i. insya Allah kami akan memenuihinya.
Demikian proposal ini kami buat, atas bantuan serta partisipasi para dermawan kami ucapkan terima kasih.
Billahi Fii Sabililhaq Fastabiqul Khairat
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.
                            Jakarta, 07 Februari 2010 M
                                     14 Rabiul awal 1433 H
PANITIA PEMBANGUNAN
RAUDHOTUL ‘ATHFAL SYAUJAN

Ketua                            Sekretaris


Eko Zamroni,S.pdI                         Lenda Lestari, S.pd
PROPOSAL PEMBANGUNAN
RA TERPADU SYAUJAN

Segala puji bagi Allah, kami memujiNya, memohon pertolongan dan ampunanNya. Kita berlindung kepada Allah dari seluruh kejelekan dan keburukan amal-amal kami. Siapa yang diberi petunjuk oleh Allah maka tidak ada yang sanggup menyesatkannya dan siapa yang disesatkan oleh Allah maka tidak ada yang sanggup menyelamatkannya. Saya bersaksi bahwa tidak ada sesembahan yang haq kecuali Allah dan bahwa Muhammad adalah hamba dan utusanNya. Amma ba’du:
   
A.    LANDASAN
Firman Allah Subhanahu wa Ta’ala :
  وَالَّذِينَ يَقُولُونَ رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَاماً
“Dan orang-orang yang beriman berkata : “ Wahai Tuhan kami, karuniakanlah kepada kami istri-istri dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa” QS. Al-Furqon [25]: 74.

وَلْيَخْشَ الَّذِينَ لَوْ تَرَكُواْ مِنْ خَلْفِهِمْ ذُرِّيَّةً ضِعَافاً خَافُواْ عَلَيْهِمْ فَلْيَتَّقُوا اللّهَ وَلْيَقُولُواْ قَوْلاً سَدِيداً
“Dan hendaklah takut kepada Allah orang-orang yang seandainya meninggalkan dibelakang mereka anak-anak yang lemah yang mereka khawatir terhadap (kesejahteraan) mereka. Oleh sebab itu hendaklah mereka bertakwa kepada Allah dan hendaklah mereka mengucapkan perkataan yang benar” QS. An-Nisaa’ [4]: 9.

B.    LATAR BELAKANG
Anak yang berbakti kepada orang tua dan memiliki kemampuan baik diniyah (agama) maupun duniawi adalah harapan setiap orang tua kaum muslimin. Tentu untuk mendapatkan yang demikian tidaklah mudah, akan tetapi harus diusahakan dengan sungguh-sungguh disertai dengan permohonan kepada Allah SWT.
Harapan untuk mendapatkan anak yang memiliki sifat ideal ini hampir-hampir sulit diraih oleh kaum muslimin. Hal ini dikarenakan terdapat banyak hambatan, baik dari dalam maupun dari luar.
Hambatan yang berasal dari luar di antaranya adalah lingkungan yang tidak kondusif. Sebegitu ketatnya orang tua mengontrol anak apabila dia tidak memperhatikan lingkungannya maka tidak akan berarti apa-apa. Begitu banyak hal yang merusak kepribadian anak seperti tayangan TV, media elektronik dan cetak secara umum adalah di antara contohnya. Seorang anak yang selamat dari TV ketika dia membuka internet misalnya dia dapatkan hal yang buruk demikian pula ketika dia membuka majalah. Nas alullaha As-Salamah (kita memohon keselamatan kepada Allah).
Hambatan lain adalah biaya pendidikan secara umum yang kurang terjangkau oleh kalangan menengah ke bawah. Tidak dipungkiri bahwa untuk mendapatkan kualitas yang baik tentu memerlukan biaya yang besar. Hanya saja kalau semakin lama biaya pendidikan semakin tidak terjangkau oleh masyarakat tentu akan menimbulkan hal yang tidak baik dan akan terbukti kebenaran perkataan orang “Orang miskin dilarang sekolah”.
Oleh sebab itu perlu adanya pemikiran dan niat yang lurus untuk menyelesaikan masalah ini. Untuk masalah yang pertama yaitu situasi lingkungan yang banyak merusak maka di antara yang patut diperhatikan adalah membekali anak dengan tameng yang kuat. Yang dimaksud adalah aqidah Islam yang kuat dan akhlaq karimah / mulia. Harapannya adalah dengan sedini mungkin anak dibekali dengan hal ini maka mereka insya Allah masih dalam kondisi fitrah yang murni sehingga dalam menghadapi kerusakan-kerusakan lingkungan mereka sudah memiliki filter yang bisa melindunginya. inilah yang disebut kepribadian Islam.
Usia dini ( 4 sd. 6 tahun) merupakan usia yang oleh sebagian kalangan merupakan usia yang tidak boleh untuk diajari membaca dan menulis. Karena mereka berpendapat bahwa hal ini akan menyebabkan efek negatif bagi anak. Teori inilah yang masih banyak berkembang di kalangan masyarakat.
Sebagian kalangan pendidik justru mengatakan yang sebaliknya, bahkan mereka menguatkannya dengan berbagai penelitian ilmiah yang telah dilakukan. Karena menurut mereka, pada usia 2 hingga 3 tahun anak-anak telah memiliki kemampuan untuk mengenal dan membedakan nama-nama benda. Sehingga menurut mereka tidak ada salahnya untuk memberikan sesuatu yang bermanfaat pada anak didik pada usia dini seperti pelajaran membaca dan menulis misalnya.
 Hal yang jelas dan gamblang adalah melalui proses pembelajaran yang kontinue dan didukung dengan sistem kurikulum serta pengajar yang tangguh, insya Allah anak-anak pada usia pra sekolah akan mampu membaca, menulis dan menghafal dengan baik dan hal ini telah banyak dibuktikan oleh lembaga-lembaga pendidikan pra sekolah. Akan tetapi, hal ini tetap harus mempertimbangkan masa bermain yang masih melekat pada diri anak-anak usia pra sekolah.
Hal yang tidak boleh diabaikan dalam pendidikan usia pra sekolah adalah sistem pendidikan yang dipakai. Sistem pendidikan yang selama ini dipakai - kalau tidak boleh dikatakan semuanya – sebagian besar hanya berorientasi pada peningkatan kemampuan intelegensinya. Hal inilah yang patut untuk disadari, bahwa semata kecerdasan dan kemampuan intelegensia tidak akan membawa kemaslahatan yang besar.
Maka sistem pendidikan yang benar adalah penggabungan antara kemampuan intelegensia dan kekuatan keyakinan yang tertanam di dada mereka serta diaplikasikan dalam keseharian mereka. Inilah yang kami sebut sebagai orientasi mendidik sepenuh hati dengan syar’i. melahirkan generasi islam yang mandiri cerdas kreatif dan bertaqwa. Yang dimaksud sepenuh hati adalah mendidik kesabaran, keuletan serta kasih saying, syar’i adalah melaksanakan kegiatan belajar mengajar selalu mengacu pada tata cara pendidikan dalam islam atau yang kami kenal dengan istilah mentauladani Rasulullah SAW. generasi islam adalah mereka dipersiapkan sebagai penerus perjuangan Rasulullah SAW. dan para shahabat. oleh karena itu, RA syaujan berupaya dengan maksimal untuk mendekatkan mereka dan membiasakan mereka berinteraksi sesama teman dalam suasana kehidupan islam. misalnya anak dibiasakan bertuturkata dengan kalimat toyyibah, saling mengingatkan diantara mereka ketika ada yang berbuat dan berkata yang tidak sopan. (kalimat istighfar sering kita dengarkan dari mulut mereka). Mandiri adalah anak memiliki kesadaran untuk bertanggung jawab terhadap dirinya sendiri.. cerdas adalah anak yang mamapu memaksimalkan potensi kecerdasan yang terdapat pada dirinya. kreatif adalah anak dengan mudah menuangkan dan menemukan ide-ide nya. bertaqwa adalah selalu mengingat dan sadar bahwa setiap berbuatan kita dilihat oleh Allah SWT. dengan demikian anak tidak akan berani untuk berbuat yang tidak baik. motivasi anak adalah ingin menjadi anak yang dficintai Allah SWT. Rasul-Nya serta orang tuanya.
 Karena beberapa alasan di atas itulah RA Terpadu Syaujan didirikan, dan perlu disadari bahwa pendirian RA Terpadu Syaujan ini tidak bisa tidak harus didukung oleh segenap lapisan masyarakat yang peduli dengan pendidikan putra-putri kaum muslimin dan demi masa depan Islam dan kaum muslimin yang lebih cemerlang. Oleh sebab itu kami mengundang dan mengajak kaum muslimin dan muhsinin untuk ikut memberikan sumbangsihnya untuk kelancaran pendirian dan pengelolaan ke depan RA Terpadu Syaujan ini.
Di antara yang patut untuk diperhatikan adalah bahwasanya motif dari pendirian RA Terpadu Syaujan ini adalah menyediakan pendidikan dasar yang berkualitas untuk putra-putri kaum muslimin dengan biaya yang terjangkau kalangan menengah ke atas dan menengah ke bawah (semua kalangan). Oleh karena itu dalam anggaran biaya yang insya Allah kami sertakan terdapat BOP (Bantuan Operasional Pendidikan) yang akan dialokasikan untuk mensubsidi biaya pendaftaran dan juga biaya pendidikan bulanan.

C.    MAKSUD DAN TUJUAN
Maksud disusunnya proposal ini adalah untuk memberikan gambaran dan informasi kepada kaum muslimin dan para donatur tentang RA Terpadu Syaujan ini.
Adapun tujuan dari pembuatan dan penyebaran proposal ini adalah :
1.    agar kaum muslimin mengetahui besarnya kebutuhan dana yang diperlukan RA Terpadu Syaujan
2.    memohon bantuan dana kepada para muhsinin /donatur yang secara ikhlas menafkahkan hartanya di jalan Allah.

D.    BENTUK BANTUAN YANG DIHARAPKAN
Sebagai sebuah lembaga yang baru maka tentu saja diperlukan banyak sekali sokongan dari kaum muslimin, baik moril maupun material. Demikian pula RA Terpadu Syaujan tentu mengharapkan bantuan dari kaum muslimin semuanya. Di antara bentuk bantuan yang dapat diberikan adalah :
1.    waqaf tanah / bangunan, karena RA Terpadu Syaujan ini masih membutuhkan gedung untuk sarana kegiatan belajar mengajar.
2.    waqaf sarana / prasarana RA Terpadu Syaujan seperti meja, rak dan lain-lain sehingga nantinya bisa menghemat biaya operasional
3.    bantuan berupa dana segar yang besarnya sebagaimana yang kami sertakan dalam anggaran biaya baik sebagian maupun keseluruhan
4.    pemberian bantuan dana untuk BOP (Bantuan Operasional Pendidikan) baik insidental maupun rutin, yang nantinya oleh pihak RA Terpadu Syaujan akan dialokasikan kepada anak-anak  yang kurang mampu

E.    TUJUAN RA TERPADU SYAUJAN
1.    Memberikan dasar-dasar kemampuan baca dan tulis.
2.    Memberikan dasar-dasar kemampuan baca tulis serta hafalan Al-Qur’an (khususnya Juz ‘Amma)
3.    Mendidik anak muslim sehingga memiliki dasar-dasar kepribadian Islam, penguasaan tsaqafah Islam dan siap melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.
4.    meningkatkan kreativitas anak dengan memberikan ketrampilan-ketrampilan dasar yang perlu dimiliki anak-anak.
5.    Menggalang peran serta masyarakat dalam membina anak-anak.

F.    MOTTO
Mendidik sepenuh hati dengan syar’i. melahirkan generasi islam yang mandiri cerdas kreatif dan bertaqwa.

G.    SISTEM PENDIDIKAN
Sebagai lembaga pendidikan sebelum anak menginjak sekolah dasar, RA Terpadu Syaujan tidak hanya mempersiapkan kognitif  (pengetahuan) anak, namun juga moral Islami, koordinasi fisik, kepekaan panca indera serta keterampilan sosial dan komunikasi.
Dengan kondisi belajar melalui bermain yang berorientasi pada kebutuhan anak, diharapkan tuntas perkembangannya sehingga anak siap dan percaya diri melangkah di sekolah dasar.Sebagai RA Terpadu, anak-anak RA Syaujan  juga terbiasa berdoa, belajar membaca Al-Qur’an, menghafal surat pendek dan hadits, shalat jamaah, dan berahlak Islami.
untuk mencapai target dalam kegiatan belajar di RA TERPADU SYAUJAN, kami menggunakan metode belajar dengan sistem sentra. adapun sentra yang sudah kami buka adalah:
a.    Sentra Agama
b.    Sentra Persiapan
c.    Sentra Bahan Alam
d.    Sentra Seni Kreasi

H.    JENJANG PENDIDIKAN
Jenjang pendidikan yang dilaksanakan selama dua tahun dan diperuntukan bagi anak-anak usia pra-sekolah (3 s.d 6 tahun) dan dilaksanakan secara full day (mulai pukul 08.00 – 13.00).


I.    SUMBER DANA
Sumber dana untuk membiayai kegiatan ini diperoleh dari :
1.    Infaq panitia pendirian RA TERPADU SYAUJAN
2.    Infaq para aktivis dakwah
3.    Sumbangan para donatur yang tidak mengikat
4.    Sumber-sumber lain yang halal.

J.    PENUTUP
Demikian proposal pembangunan RA TERPADU SYAUJAN ini kami sampaikan. Besar harapan kami agar program dan kegiatan yang kami rencanakan dapat terwujud dan dapat memberikan sumbangsihnya bagi kemajuan kaum muslimin. Atas segala bantuan dan kerja samanya kami mengucapkan Jazakumullahu khairan katsiran, semoga Allah membalasnya dengan balasan yang lebih baik dan menjadikan pemberat bagi timbangan amal kebaikan pada hari Kiamat.
Mudah-mudahan segala amal usaha yang kita lakukan mendapat ridha dari Allah dan petunjukNya. Shalawat dan salam semoga tetap tercurah kepada Rasulullah, keluarga, para shahabat dan orang-orang yang mengikutinya dengan baik hingga hari Kiamat.
           
                            Jakarta, 07 Februari 2010 M
                                     14 Rabiul awal 1433 H
PANITIA PEMBANGUNAN
RAUDHOTUL ‘ATHFAL SYAUJAN

Ketua                            Sekretaris


Eko Zamroni,S.pdI                         Lenda Lestari, S.pd

   
SUSUNAN PANITIA
PEMBANGUNAN  GEDUNG
RA SYAUJAN

1.    KETUA            : EKO ZAMRONI
2.    SEKRETARIS        : LENDA LESTARI
3.    BENDAHARA        : WARISEM            (ketua komite)
4.    SEKSI DANA:
a.    H. Sukarjono
b.    Suyati
c.    kastin
d.    eko zamroni
e.    lenda lestari
f.    ibu Zahra
g.    zahwa
h.    ibu Rani
i.    ibu rifqi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...